Air Terjun Tuwondo, Daya Tarik Wisata di Bantul

Air Terjun Tuwondo, Daya Tarik Wisata di Bantul

Sesekali pergi berlibur ke tempat yang masih asri dan sejuk terbukti mampu mengembalikan semangat yang sudah mulai kendur akibat terlalu Capek atau stress. Saat akhir pekan tiba, berlibur ke Air Terjun Tuwondo di Bantul merupakan pilihan tepat untuk mendapatkan pengalaman baru yang menyenangkan.

Saat musim hujan seperti sekarang, debit air di tempat ini meningkat drastis sehingga mengundang banyak wisatawan yang ingin menyaksikan keindahan Air Terjun Tuwondo.

Lokasi Air Terjun Tuwondo

Lokasi Air Terjun Tuwondo tepatnya berada di Kampung Lemah Abang, Dusun Banyakan, Kecamatan Piyungan, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Untuk menuju ke lokasi wisata tidak terlalu sulit karena banyak penanda atau papan informasi yang memberikan petunjuk mulai dari gang kecil hingga sampai ke air terjun. Namun sayangnya untuk menuju ke lokasi Anda tidak bisa menggunakan mobil dan hanya bisa diakses menggunakan kendaraan roda dua saja.

Asal Usul Nama Air Terjun Tuwondo

Seperti kebanyakan air terjun lain yang berada di wilayah Bantul, nama Air Terjun Tuwondo disesuaikan dengan keadaan alam di sekitar lokasi. Tu dalam bahasa Jawa berarti watu sedangkan Ondo dalam bahasa Jawa berarti tangga. Hal ini disebabkan karena bentuk air terjun ini mirip seperti tangga yang bertingkat-tingkat.

Awalnya masyarakat sekitar memanfaatkan aliran air terjun untuk memandikan hewan ternak seperti sapi. Namun sejak dijadikan kawasan wisata, kini warga sudah tidak lagi melakukan hal tersebut.

COMMENTS