Berwisata ke Taman Tino Sidin Bantul

Berwisata ke Taman Tino Sidin Bantul

Jika membahas tempat wisata di Jogjakarta memang tidak ada habisnya. Satu lagi tempat wisata edukasi yang sangat cocok untuk berburu foto yaitu Taman Tino Sidin Bantul. Tino Sidin adalah seorang seniman era 80an yang tampil di televisi pemerintah untuk membawakan acara menggambar dengan maksud untuk mengajak anak-anak Indonesia untuk belajar menggambar.

Sejarah Taman Tino Sidin

Sebelum meninggal, Pak Tino ini pernah memiliki cita-cita mendirikan sebuah museum gambar bagi anak-anak di seluruh Indonesia sehingga namanya diabadikan seperti Ismail Marzuki. Baru tahun 2014 lalu Taman Tino Sidin resmi dibuka oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan pada masa itu. Selain diabadikan menjadi sebuah museum, nama Tino Sidin sudah diabadikan menjadi nama sebuah jalan yang kini juga menjadi lokasi museum berada yaitu Jalan Tino Sidin nomor 297, Kecamatan Kasihan, Kabupaten Bantul.

Karya Tino Sidin

Di dalam museum, wisatawan bisa menikmati karya-karya pak Tino Sidin yang selain difungsikan sebagai museum hingga saat ini masih berfungsi sebagai ruang publik dan tempat tinggal sehingga tidak jarang ada acara-acara keluarga atau seperti sarasehan seni. Anda juga bisa menyaksikan memorabilia, arsip-arsip, buku dan sketsa beliau ketika masih berkarya.

Selain karya pak Tino Sidin, anak-anak yang berkunjung bisa mendapatkan berbagai informasi dari perpustakaan di dalam museum ini. Bahkan tujuan lain dibangunya tempat ini adalah sebagai wadah kegiatan seni yang dilakukan oleh masyarakat dan pelajar sekitar.

COMMENTS

%d blogger menyukai ini: