Goa Gajah Mangunan Di Bantul Yogyakarta

Goa Gajah Mangunan Di Bantul Yogyakarta

Desa wisata yang ada di Lembang Yogyakarta menyuguhkan panorama alam dari pedesaan yang hijau, dengan lembah yang sangat curam dan pemandangan beberapa goa seperti goa gajah.

Goa gajah ini merupakan goa yang terbentuk secara alami, namanya juga diambil dari adanya sebuah gumpalan batu yang bentuknya seperti gajah di dalam goa.

Goa Gajah Mangunan Di Bantul Yogyakarta

Goa Gajah Di Yogyakarta

Goa gajah sendiri merupakan goa horisontal yang kedalamannya sampai 200 meter. Di dalam goa tersebut terdapat tumpukan tanah di sebagian goa yang membuat jalan menjadi sempit untuk dilalui.

Kondisi goa gajah tersebut juga cukup alami, karena terdapat:

  • Stalaktit dan stalakmit di sepanjang goa
  • Pohon besar dan tinggi menjulang sampai ke luar goa seperti hutan mini
  • Adanya semak-semak di dalam goa

Leokasi goa gajah ini berada di Dlingo dan tepatnya berada di Desa Mangunan, Kecamatan Dlingo. Sekitar 21 km jauhnya dari kota Bantul Yogyakarta.

Daya Tarik Goa Gajah Mangunan

Untuk salah satu daya tarik dari goa gajah ini merupakan adanya fenomena sinar matahari yang masuk dari lubang bagian atas goa. Hal ini seolah nampak seperti ada sorotan lampu senter di ruang yang sangat gelap.

Fenomena sinar matahari ini disebut dengan cahaya dari surga, karena merupakan fenomena yang sangat indah. Pengunjung yang ingin melihat fenomena ini dapat datang setelah pukul 12 siang. Karena saat sore hari keindahan dari sinar matahari tersebut dapat menerobos secara maksimal.

COMMENTS