Kampoeng Batik Kauman Pusat Batik Tertua Kota Solo

Kampoeng Batik Kauman Pusat Batik Tertua Kota Solo

Kampoeng batik kauman

Kampoeng batik kauman menjadi sentra pembuatan batik pertama sekaligus tertua di Kota Solo, berada di Jalan Slamet Riyadi hingga Jalan Rajiman.

Wisatawan luar kota tidak akan kesulitan menemukan tempat ini, memang ada banyak sentra batik di Solo, namun ini jadi tujuan wisata bahkan untuk wisatawan mancanegara, karena memang sudah sangat dikenal.

Bahkan lokasi ini dahulunya adalah tempat bermukim nya para abdi dalem Keraton Kasunan Surakarta yang tetap mempertahankan tradisi membatik, dimana banyak dilakukan para wanita.

Mengenal Kampoeng batik kauman sentra tertua di Kota Solo

Datang kemari anda akan disambut dengan gapura, pada bagian atas bertuliskan “Kauman Kampung Batik Wisata”, sehingga jangan heran setiap orang yang datang kemari tidak selalu membeli batik namun mengenal lebih dekat dengan kampung yang sudah meneruskan tradisi membatik menggunakan canting.

Batik Kauman mempunyai 3 jenis batik klasik yaitu batik tulis ini adalah motif pakem atau utama yang menjadi produk unggulan, ada pula batik cap yang mengerjakan tidak menggunakan canting secara langsung juga kombinasi batik cap dan tulis.

Hingga kini ada beberapa sentra batik yang masih berdiri, dimana anda bisa melakukan pembelian secara langsung pada pengrajin, bahkan memesan batik sesuai dengan keinginan. Setiap pengunjung bisa berinteraksi langsung, kebanyakan menanyakan kenapa masih menyukai menekuni tradisi membatik menggunakan canting.

Anda akan lebih menikmati berkeliling dengan menaiki becak, sudah ada pangkalan di ujung gang menuju sentra batik ini. Bahkan jika ingin lebih mengeksplorasi setiap detail nya,

berjalan kaki saja dan bidikan kamera di beberapa spot menarik. Banyak dinding yang sangat bagus menghiasi media sosial, bahkan kini anak muda tidak segan untuk mendatangi lokasi wisata tersebut.

COMMENTS