Legenda Nawang Wulan Dan Air Terjun Sekar Langit

Legenda Nawang Wulan Dan Air Terjun Sekar Langit

Daerah Magelang yang merupakan daerah tinggi di Jawa Tengah, membuatnya banyak memiliki air terjun, salah satunya Air Terjun Sekar Langit. Walaupun memiliki keindahan alam yang menawan, tetapi karena kurang promosi maka daerah ini belum terlalu dikenal luas oleh wisatawan. Apalagi lokasi dari air terjun ini juga cukup tersembunyi.

Perpaduan Keindahan Alam Dan Mitos

Cerita Jaka Tarub

Lokasi dari air terjun ini adalah di lereng Gunung Andong dan Telomoyo, atau tepatnya di Desa Tlogorejo, Kecamatan Grabag, Magelang. Dengan ketinggian 25 meter dengan debit air yang tidak pernah berkurang walaupun sedang musim kemarau, membuat air terjun ini sangat memesona.

Walaupun untuk mencapai lokasi ini juga cukup sulit, namun semua kelelahan akan terhapus ketika bisa sampai dan melihat pesona dari air terjun tempat mandi para bidadari ini.

Selain kondisi alamnya yang terbilang masih perawan, keunikan tempat ini adalah karena dari sinilah beredar cerita tentang Jaka Tarub dan Nawang Wulan. Konon, di air terjun inilah Jaka Tarub melihat para bidadari mandi dan mengambil salah satu selendang dari para bidadari itu. Nawang Wulan, sang bidadari yang kehilangan selendang akhirnya menjadi istri Jaka Tarub.

Di luar kebenaran mitos tersebut, keindahan air terjun ini memang tidak bisa disangsikan lagi. Tingginya yang menjulang hingga hampir ke langit jika dilihat dari bawah seakan cocok dengan namanya, Air Terjun Sekar Langit.

COMMENTS

%d blogger menyukai ini: