Menjelajahi Telaga Biru Semin, Danau Kelimutu Versi Gunung Kidul

Menjelajahi Telaga Biru Semin, Danau Kelimutu Versi Gunung Kidul

Telaga biru semin

Selain terkenal dengan keindahan pantai, Gunung Kidul kini menawarkan obyek wisata baru, yaitu telaga biru semin. Jangan kaget jika datang ke mari dan mendapati ada ribuan orang yang mendatangi lokasi wisata di daerah pucuk bukit Ngentak, Desa Candirejo, Kecamatan Semin ini. Destinasi baru yang hanya berjarak 30 km dari Kota Wonosari ini memang sangat layak untuk dikunjungi.
Danau Buatan Yang Rupawan

Wisata Tiban
Siapa yang menyangka bahwa kolam bekas galian tambang bisa disulap oleh alam menjadi kumpulan embung yang sangat menawan. Itulah yang terjadi di Telaga biru ini. Dulunya, Bukit Ngentak yang tingginya 400 meter di atas permukaan laut ini adalah daerah yang merupakan tempat industri batu tempel. Pertambangan dilakukan warga pada bukit ini dan hasilnya diekspor ke beberapa negara.
Pertambangan tersebut menghasilkan kolam-kolam besar yang terisi air saat musim penghujan tiba. Jumlah telaga ini pun cukup banyak, yaitu lebih dari 10 telaga dan semuanya berwarna biru. Karena keindahan kolam berwarna inilah akhirnya banyak wisatawan tertarik untuk datang ke mari dan mengingatkan pada Danau Kelimutu yang ada di Flores.
Pengelolaan Obyek Wisata

Semakin banyaknya pengunjung membuat pemerintah kecamatan bekerja sama dengan pemerintah kabupaten untuk memperbaiki sarana jalan menuju lokasi wisata. Selain itu, dibentuk Kelompok Sadar Wisata untuk mengelola obyek wisata telaga biru semin agar menjadi lebih baik lagi.

COMMENTS

%d blogger menyukai ini: