Pantai Mbirit, Pantai Mini di Daerah Gunung Kidul

Pantai Mbirit, Pantai Mini di Daerah Gunung Kidul

Pantai Mbirit merupakan kawasan pantai yang dapat dikategorikan sebagai pantai kecil serta tersembunyi di wilayah Gunungkidul pada bagian barat. Keberadaannya memang mulai dikenal setelah dilakukan pengembangan wisata  pantai butuh yang terdapat disebelah baratnya. Pantai ini mempunyai karakteristik pantai kecil yang diapit dengan dua buah tebing karang.

Pantai Mbirit memang memiliki pantai utama sebagai pantai mini atau pantai kecil yang telah diapit oleh dua buah bukit karang. Bentuk pantai ini yakni hampir mirip dengan pantai mini di Gunungkidul seperti pada Pantai Wohkudu serta Pantai Torohudan yang masih dalam satu kecamatan yang sama. Akan tetapi pantai ini mempunyai ukuran pantai yang lebih kecil diantara kedua pantai tersebut.

Hal ini akan membuat sebagian orang menyebut pantai ini sebagai salah satu surga yang tersebunyi di Gunungkidul yang jarang sekali diketahui orang. Hanya saja sampai kapan sebutan tersebut bertahan hingga akhirnya pantai mbirit ramai oleh para wisatawan dan dibuatkan akses kendaraan yang mudah untuk tiba pada wisata yang satu ini.

Ombak pad Pantai Mbirit hampir sama seperti ombak yang terdapat pada pantai lain yang ada didekatnya dengan ciri khas ombak pantai selatan Jawa. Apabila kondisi sedang pasang, maka ombak pantai akan naik dan mendekati jajaran batu-batu karang yang akan menjadi penahan hempasan ombak.

Sedangkan ketika sedang surut, ombak akan mundur ke arah lautan mendekati jurang laut yang dalam pada tepi dasar pantai yang berbentuk karang. Para wisatawan memang dilarang bermain air di kawasan pantai ini karena cukup berbahaya serta tidak ada celah untuk menyelamatkan diri. Semoga bermanfaat.

COMMENTS