Wisata Sejarah Monumen Jogja Kembali

Monumen Jogja Kembali adalah salah satu ikon wisata sejarah yang ada di Yogyakarta. Bangunan dengan bentuk menyerupai kerucut ini nampak megah dengan warna putih yang mengkilap. Sebagai salah satu bangunan sejarah, banyak cerita yang tersimpan mengenai Indonesia dan Yogyakarta di tempat ini.

Monumen ini terdiri dari 3 lantai dan dilengkapi dengan ruang perpustakaan yang luas serta bangunan serbaguna yang sering dimanfaatkan sebagai tempat untuk acara kedaerahan. Dibangun sekitar tahun 1985, monument ini menjadi salah satu tempat bersejarah terpenting di Yogyakarta.

Wisata Sejarah Menarik di Monumen Jogja Kembali

Museum Perjuangan

Jogja Kembali diambil dari peristiwa kembalinya Yogyakarta dari penjajah Belanda di masa perjuangan. Perjuangan rakyat Yogyakarta yang tiada henti dan kenal menyerah, membuahkan hasil ketika mereka berhasil merebut Yogyakarta kembali. Di monumen ini, tersimpan banyak dokumen, foto dan juga diorama yang menceritakan bagaimana perjuangan heroik rakyat Yogyakarta waktu itu. Selain itu, pada bagian rana pintu dituliskan 422 nama pahlawan yang gugur dalam perjuangan tersebut.

Wisata Taman Lampion

Seiring berjalannya waktu, pengelola monumen mengembangkan potensi wisata dari tempat ini. Oleh karena itu, hampir bersebelahan dengan monument, dibangun taman wisata Taman Lampion. Ini adalah tempat wisata modern yang menjadi ide wisata menarik bagi kawula muda. Di taman ini, anda akan berkesempatan melihat aneka lampion yang indah dengan bentuk-bentuk yang unik.

Untuk biaya masuk ke monument, anda akan dibebankan biaya sekitar 10,000 per orang. Sedang untuk menikmati Taman Lampion anda bisa datang di malam hari, dibebankan biaya tiket masuk sekitar 25,000.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *