wisata jogja ,5 tempat yang wajib dikunjungi

wisata jogja ,5 tempat yang wajib dikunjungi

bingung mungkin bagi sebagian wistawan yang mau berkunjung ke jogjakarta, tempat wisata jogja apa saja yang direkomendasikan untuk dikunjungi saat kita ber wisata ke jogja.

berikut 5 wisata jogja yang bisa anda kunjungi

  1. museum gunung merapi
  2. lava tour merapi
  3. the lost world castle
  4. pramabanan
  5. tebing breksi

1. museum merapi.

wisata-jogja

Museum Gunung Merapi adalah tempat wisata jogja yang terletak di kaki gunung Merapi, di Jalan Kaliurang Km 22, Pakem, Sleman, Yogyakarta. Museum ini memang sengaja dibangun sebagai tempat untuk menyimpan kenangan apapun terkait aktivitas Gunung Merapi, yang termasuk salah satu gunung berapi paling aktif di Indonesia.

Berdiri megah dengan latar belakang Gunung Merapi yang begitu eksotis, museum ini memiliki dua lantai dan menjadi salah satu tempat wisata favorite di wilayah Hargobinangun. Bangunan museum ini mulai diresmikan tahun 2010 oleh pemerintah setempat.

Mengenal Merapi dari Museum Gunung Merapi

Rekam Jejak Merapi

Museum ini memang dibangun dengan tujuan untuk merekam jejak Gunung Merapi di segala aktivitasnya. Ketika memasuki museum, maka akan nampak sebuah replika yang menjelaskan tentang sebaran awan panas dari berbagai letusan Gunung Merapi yang pernah terjadi. Selain itu, pada dinding-dinding museum juga dipajang beberapa foto mengenai erupsi Merapi, dampak erupsi, dan lainnya. Bahkan, ada pula beberapa benda sisa letusan Merapi yang sengaja disimpan di dalam museum tersebut.

Menonton Film dan Simulasi Letusan

Di dalam museum, disediakan sebuah ruangan kecil seperti ruang bioskop yang menampilkan video mengenai letusan Merapi tahun 2010 yang merupakan salah satu letusan terparah sepanjang sejarah Gunung Merapi. Dari tayangan tersebut, anda bisa melihat bagaimana awan panas meluluhlantakan pemukiman di sekitar Merapi hingga menewaskan juru kunci, Mbah Maridjan. Tidak hanya itu, ada pula alat peraga untuk melakukan simulasi terkait cara penanganan keamanan diri dalam menghadapi letusan.

Dengan fasilitas yang disediakan, anda dan keluarga bisa berwisata sekaligus belajar. Museum ini buka setiap hari mulai dari jam 9 pagi hingga 4 sore. Anda dibebankan tiket masuk sebesar 5,000 untuk mengunjungi komplek museum.

2. lava tour merapi.

wisata-jogja

Merapi merupakan gunung yang letaknya di perbatasan Jawa Tengah dan kota Yogyakarta. Gunung tersebut juga sangat terkenal di Indonesia, tidak hanya pemandangannya yang sangat indah, treknya yang unik dan statusnya yang sering berganti siaga yang di siarkan setiap televisi.

Lava Tour Merapi Paling Seru

Tour Merapi Paling Seru

Setelah erupsi yang cukup besar tahun 2010, kawasan dari gunung merapi bagian selatan kemudian rata karena terjangan lahar dan hanya menyisakan lautan pasir yang luas. Warga sendiri akhirnya tidak mau berlarut dalam kesedihan, kemudian mengubahnya menjadi berkah dengan menawarkan paket wisata.

Paket wisata tersebut bernama Lava Tour Merapi, dengan tour tersebut masyarakat dapat mendapatkan penghasilan dan mengantarkan tamu atau pengunjung menyusuri kawasan pasir bersisik. Harga yang diberikan mulai dari:

  • Short tripe Rp. 400.000
  • Medium trip Rp. 450.000
  • Long trip Rp. 5.50.000
  • Sunrise trip Rp. 450.000

Harga atau tarif tersebut sudah termasuk asuransi dari Jasa Raharja untuk 4 orang penumpang untuk menjamin keamanan dan keselamatan dari setiap pengunjung yang datang.

Kegiatan Tour Merapi

Untuk wisatawan yang berkunjung di tempat tersebut akan diajak untuk menyusuri kaki dari gunung berapi dengan Jeep Willys buatan Amerika.

Rute yang akan ditempuh dimulai dari parkiran Tlogo Putri, Kalikuning, mini museum, bunker Kaliadem, melihat sunrise dan kembali ke Kaliurang. Semakin jauh rute yang dipilih maka semakin banyak tempat yang dapat kita lihat. Kita juga dapat mengunjungi ke beberapa tempat yang memiliki kisah menarik.

3. the lost worldcastle

tempat wisata jogja yang satu ini letak nya tidak jauh dari museum merapi dan lava tour merapi bahkan masih kawasan sekitar merapi.

tepat nya TPR kaliadem kaliurang masih keutara dikit, pertigaan pertama ambil kanan, ikuti jalan itu terus skitar 1 kilometer nanti kita temukan the lost world castle.

wisata jogja yg satu ini menawarkan spot2 selfi yang unik.

4. candi prambanan

wisata-jogja

Candi Prambanan adalah salah satu tempat wisata favorite di wilayah Yogyakarta dan sekitarnya. Candi ini termasuk salah satu warisan dunia yang sudah ditetapkan UNESCO sejak tahun 1991 disamping Candi Borobudur.

Tempat ini menjadi salah satu ide tempat wisata yang sangat digemari oleh warga sekitar, terutama bagi mereka yang hendak menikmati wisata sejarah. Untuk diketahui, Prambanan juga disebut sebagai candi Hindu dengan banyak arca berbentuk dewa-dewa kepercayaan umat Hindu.

Wisata Sejarah di Candi Prambanan

Kisah Roro Jonggrang

Salah satu cerita legenda yang sangat terkenal mengenai candi ini adalah kisah mengenai Roro Jonggrang dan Bandung Bondowoso. Bandung Bondowoso adalah seorang pria yang mempersembahkan 1000 candi untuk Roro Jonggrang. Namun, karena usahanya digagalkan oleh jin yang disuruh Roro Jonggrang, jadilah ia dikutuk menjadi salah satu dari 1000 candi oleh Bandung Bondowoso. Cerita legenda ini secara turun temurun selalu diceritakan dan membuat Prambanan selalu ramai untuk dikunjungi karena penasaran.

Spot Foto yang Tepat

Dengan latar belakang sejarah yang kuat, Prambanan menjadi salah satu spot foto yang sangat pas, terutama bagi mereka yang ingin mengabadikan momen foto bersama keluarga. Prambanan memiliki taman yang cukup luas dengan wilayah yang teduh untuk berfoto. Selain itu, pada malam hari, candi akan terlihat sangat eksotik dengan cahaya-cahaya lampu yang ada,

Bagi anda yang ingin berwisata ke Prambanan, maka anda bisa memanfaatkan fasilitas bus Trans Jogja untuk menuju ke sana. Untuk tiket masuk, anda harus membayar tiket sekitar 30,000 per orang.

5. tebing breksi

tebing-breksi

Tebing Breksi kini menjadi salah satu tempat wisata yang cukup unik, karena tempat ini mengedepankan tebing sebagai obyeknya. Tebing yang terlihat seperti mahakarya seni raksasa ini mulai diresmikan oleh Gubernur D.I Yogyakarta pada 30 Mei 2015. Bersamaan dengan diresmikannya Tebing Breksi, Tlatar Seneng juga diresmikan di mana tempat tersebut adalah sebentuk area luas lengkap tempat duduk yang melingkar dan juga panggung bulat dengan diameter kira-kira 15 meter.

Objek wisata ini memang memiliki banyak pengunjung yang gemar dengan kenikmatan petualang seperti halnya dengan olahraga panjat tebing, sepeda gunung bahkan dunia fotografi yang ingin mengabadikan sunset kota Yogyakarta dari spot terbaik ini. Tak jarang banyak juga orang yang melakukan foto pree wedding di tempat ini karena mereka menganggap spot yang diberikan sangat indah.

Mengenal Tebing Breksi Yogyakarta Lebih Jauh

Panorama Yang Disajikan

Jika dilihat-lihat bentuk Tebing Breksi mirip dengan Brown Canyon yang berada di Semarang yaitu bentuk mini dari Grand Canyon yang ada Amerika Serikat. Dari puncak tebing, Anda dapat melihat pemandangan lanskap dari Candi Prambanan, Candi Sojiwan, Candi Barong dan juga kemegahan dari Gunung Merapi bahkan pemandangan dari kota Yogyakarta.

Bagi Anda semua yang ingin mencapai puncak tebing tidak perlu merasa khawatir kerepotan, karena di sana sudah disediakan anak tangga di sisi tebing sebagai akses menuju ke atas puncak. Anak tangga di sisi tebing kini juga menjadi spot terbaik beberapa orang untuk mengabadikan momen dengan foto.

Kebanyakan para wisatawan dan pengunjung datang ke tebing ini pada sore hari, hal ini bertujuan untuk melihat keindahan sun set Kota Yogyakarta yang tampak Indah dari ketinggian tebing. Dan tempat ini juga menjadi salah satu spot terbaik untuk melihat sun set di Kota Yogyakarta.

Latar Belakang Wisata Tebing Breksi jogja

Obyek wisata jogja ini bukan terbentuk begitu saja atau secara alami, melainkan berasal dari bukit batu biasa yang kini menjelma menjadi tebing indah akibat terkikis oleh aktivitas penambangan bahan material bangunan oleh warga sekitar tebing selama bertahun-tahun sejak tahun 80-an dan aktivitas tersebut menjadi sumber mata pencarian warga.

Namun setelah ada peneliti melakukan kajian terhadap lokasi, muncul kenyataan bahwa batuan kapur breksi yang ada di tempat itu merupakan endapan dari abu vulkanik dari gunung api Purba Nglanggeran yang berada di Gunung Kidul. Oleh hal tersebutlah menunjukkan bahwa kawasan ini termasuk kawasan dalam cagar budaya yang harus dilestarikan.

Nama Breksi sendiri berasal dari warga yang mengikuti tren nama bukit batu yangh berada pada suatu tempat wisata di Bali dan Bandung yang hasil potongannya mirip sekali dan gabungan kata tersebut menjadi kata breksi. Oleh sebab itu tebing indah ini diberi nama Tebing Breksi.

Fasilitas Di Tebing Breksi Jogja

Beberapa fasilitas yang belum tersedia di tempat ini adalah toilet, tempat ibadah atau yang lebih parahnya lagi adalah tempat sampah. Dengan keadaan tersebut membuat para wisatawan diharapkan agar dapat menyesuaikan diri dengan kondisi tersebut dan tidak membuang sampah sembarangan.

Menurut rencana, Tebing Breksi akan disiapkan lokasi untuk area outbound sehingga dengan hal tersebut diharapkan fasilitas juga akan segera memadai dan menyusul dipersiapkan. Tak hasil Anda dan sekeluarga wajib datang ke tebing ini untuk melatih diri dari petualangan dan juga menikmati pemandangan indah candi-candi sekitar tebing serta pemandangan indah kota Yogyakarta.

COMMENTS