Wisata Pantai Gesing, Pantainya Para Nelayan

Wisata Pantai Gesing, Pantainya Para Nelayan

Pantai Gesing merupakan kawasan pantai di pelabuhan para nelayan yang terdapat dibagian barat wilayah kabupaten Gunungkidul. Keberadaan pantai ini memang cukup lama dikenal walaupun hingga saat ini belum mampu menarik banyak para wisatawan hanya untuk sekedar berkunjung. Pengembangan kawasan pantai ini memang hanya sebatas sebagai pelabuhan perahu para nelayan tradisional.

diapit dua buah tebing

Garis yang terdapat di Pantai Gesing memang lebih luas jika dibandingkan dengan Pantai Ngrenehan, namun kalah luas jika dibandingkan dengan Pantai Baron. Posisi Pantai Gesing yang telah diapit dua buah tebing yang memanjang ke arah laut tentu cukup strategis untuk digunakan sebagai pelabuhan nelayan.

Celah tebing yang berbentuk teluk mini tersebut memang dapat mengurangi hempasan ombak yang ganas pada samudera ini. Akan tetapi ketika Pantai Gesing sedang pasang, gelombang ombak besar dapat mencapai hingga ke tebing tepian pantai.

Nelayan yang terdapat di Pantai Gesing sebagian besar langsung menyetorkan hasil tangkapannya kepada para tengkulak untuk dibawa ke pasar atau ke dalam kota. Hanya sedikit hasil tangkapan yang akan dijual ke warung-warung yang terdapat disekitar tempat pelelangan Ikan. Pemintaan ikan dari kebanyakan warung memang cukup sedikit, tidak menentu, serta disesuaikan dengan hari libur yang diperkirakan akan ada wisatawan yang berkunjung.

Pemandangan di Pantai Gesing terbilang masih alami

Pemandangan di Pantai Gesing terbilang masih alami dan pastinya belum mengalami banyak pembangunan. Terdapat beberapa fasilitas pendukung wisata yang telah dibangun di kawasan Pantai Gesing, yakni hanya sebatas kamar mandi dan wc umum, mushola, tpi (tempat pelelangan ikan), pos nelayan, serta warung-warung dari gubuk semi permanen. Semoga bermanfaat.

COMMENTS